Think Creative



Dalam postingan ini saya akan memberikan gambaran tentang beberapa graffiti yang tersebar di beberapa tembok-tembok di Balikpapan. Beberapa di antaranya berada di Jalan Siaga Bawah & Atas , di samping E-Walk / Balikpapan Super Blok, di Gn Malang dan terakhir di depan SMAN 2 Balikpapan (Almarhum :p ).

Saya tertarik dengan graffiti di Balikpapan yang makin sering di jumpai di jalan-jalan besar maupun jalan kecil yang kita biasa lalui. Karena itulah saya mencoba untuk mengambil beberapa gambar dari graffiti-graffiti yang tersebar di Balikpapan ini untuk di share kepada siapa saja yang menyukai “Seni Jalanan” ini.

Berikut ini adalah hasil beberapa gambar yang berhasil saya ambil
Jika Ingin melihat gambar lebih jelas klik pada gambar untuk memperbesar :


Balikpapan Super Blok / E-walk



Graffiti ini berada di samping Balikpapan Super Blok atau mungkin di singkat E-Walk ? Yang sebenarnya graffiti ini berada di jalan masuk sebuah perumahan penduduk yang saya tidak tahu apa nama dari kampung tersebut.

Sebagai tambahan pengetahuan Graffiti ini di buat oleh BACO (Balikpapan Aerosol Comunity) sebuah komunitas “seni melukis tembok” yang coretan-nya sudah banyak tersebar di kota Balikpapan.

Yang unik dari graffiti ini adalah pemilihan tempat yang tepat. Karena dari kejauhan kita sudah bisa melihat graffiti ini, ditambah lagi jalan ini adalah jalur keluar masuk orang dari luar maupun dalam kota balikpapan, sehingga dapat dilihat oleh orang banyak dari luar & dalam Balikpapan.

Dulunya tembok disini bertuliskan Welcome to Balikpapan atau I <3 Balikpapan atau Balikpapan (Saya lupa detailnya) yang jelas menunjukan kata sambutan selamat datang ke kota balikpapan yang bisa dilihat para pendatang di Balikpapan. Sayangnya Graffiti sambutan tersebut sudah di ganti dengan gambar di atas. Padahal menurut saya Graffiti tersebut seharusnya menjadi cara tersendiri dari para bombers ( sebutan para pembuat graffiti) untuk memberikan sambutan selamat datang di Kota Balikpapan.



Jl. Siaga Bawah



Graffiti ini berada di Jalan Siaga Bawah, bagi yang tidak tahu ( Jalan tembus Gn Malang – DAM ) dan berada di gang sebelah kanan yang apabila di telusuri terus akan mentok ke lapangan. Graffiti disini sangat beraneka ragam, dan banyak jumlahnya. Kemungkinan jika di hitung-hitung bisa mencapai belasan “graffiti”.

Satu hal yang kurang, kalian tidak bisa melihat graffiti ini apabila dari arus DAM menuju Gn Malang, karena bertolak belakang sehingga sulit terlihat.




Jl. Siaga Atas



Next, Graffiti ini terletak di jalan siaga atas, Sebenarnya “lukisan dinding” ini tidak terlalu banyak pencampuran warna, hanya terdapat warna hitam dan putih sebagain backgroundnya. Dan disini tertuliskan “Masyarakat Sosialtias Balikpapan”, dan jenis “lukisan dinding” ini sudah sering di temui, salah satunya bisa di lihat di tembok SMKN 1 Balikpapan.




Gn. Malang ( Samping Dealer Yamaha / Hotel Sagita )



Gambar ini saya ambil di Gn. Malang tepatnya di sebuah Gang di samping “Dealer Yamaha CV.Sinar Utama” atau anda lebih tahu bila di sebutkan di samping “Hotel Sagita” ! Mungkin dari luar beberapa dari graffiti ini tidak terlihat, tetapi jika anda masuk ke dalam akan terlihat banyak graffiti-graffiti yang terlukis di diniding sebelah kiri dari “Dealer Yamaha ini”.

Pada bagian depan gang terdapat “lukisan dinding” yang menunjukan rasa terima kasih kepada “Dealer Yamaha CV. Sinar Utama” karena telah memperbolehkan para bomber ini menuangkan kreativitasnya di dinding tersebut. Hal ini yang layaknya patut di contoh oleh para bomber lain, yaitu dengan meminta izin terlebih dahulu apabila ingin membuat graffiti di dinding milik orang lain.

Dan pada bagian ujung dari gang ini terdapat sebuah mushola kecil yang di depannya terdapat graffiti berwarna hijau seperti pada bagian sebelah kiri gambar di atas.



SMA Negeri 2 Balikpapan ( samping “Warung Bu Umi”)




Graffiti ini saya ambil tanggal 20-Mei-2011, yang letaknya berada di depan sekolah “SMA Negeri 2 Balikpapan” atau lebih tepatnya orang-orang lebih sering menyebutkan di samping “Warung Bu Umi”. Graffiti ini terletak di sebuah gang yang menghubungkan jalan dari arah SMAN2-SMKN2.

Sebenarnya sekarang graffiti ini sudah almarhum, atau sudah tidak ada lagi karena di hapus oleh sang pemilik rumah, semua graffiti ini telah di lindas oleh cat berwarna hijau yang sekarang saya kira warnanya sudah mulai luntur. Dan beruntungnya saya sempat mengabadikan gambar dari “lukisan dinding” ini, sehingga bagi anda yang belum pernah atau ingin melihat lagi graffiti tersebut bisa dilihat pada gambar di atas.( klik pada gambar untuk memperbesar )


Tidak sampai disitu, sepertinya salah satu dari bomber yang membuat graffiti tersebut adalah alumni SMA Negeri 2 Balikpapan. Kebetulan saya menemukan blog dari bomber tersebut dan kalian bisa melihat salah satu karya graffitinya di tembok pada “Lampu Merah Arah Gn Malang-Arah ke Markoni-Arah ke BC” (Lihat Gambari di samping)(Mungkin sekarang sudah di Hapus).






Semoga postingan ini bisa menambah informasi dan manfaat untuk kita semua. Dan mohon dimaafkan apabila ada kesalahan, karena postingan ini asli buatan saya sendiri ( bukan copy dan paste dari internet) sehingga masih sangat banyak kekurangan.

Demikian postingan ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada pembaca maupun para “Bomber-Bomer Balikpapan” semoga makin jaya dan karya-karya nya bisa di nikmati para pecinta “Seni Jalanan” baik di Balikpapan maupun di luar.

be continued….


Baca Juga Artikel Tentang :






Terima Kasih


Categories:

2 Responses so far.

  1. JL. Dahor Balikpapan menyiapkan Dinding bagi para Bomber red..
    bagi yang berminat hubungi 081242018456
    come on !!!

  2. wah, kebetulan saya mau motret graffiti di balikpapan, semoga masih ada ya sekarang. belakangan saya liat ada di tembok pagar rumah di daerah balikpapan baru arah simpang 4 BB.

Leave a Reply